Ketidakpastian Hukum by Design

Ketentuan perundangan semestinya dibuat supaya ada kepastian hukum terhadap satu hal. Tapi ada beberapa hal yang membuat munculnya perundangan justru membuat munculnya banyak ketidakpastian.
Terlalu seringnya suatu ketentuan berubah akan memunculkan kesan ketidakpastian karena hari ini dengan besok ketentuannya sudah berbeda. Misalnya baru tahun kemarin belok kiri langsung kecuali ada larangan , tahun ini sudah berubah menjadi belok kiri tidak boleh langsung kecuali ada tanda diperbolehkan.
Terlalu sering/banyak kekecualian juga menambah tingkat ketidakpastian. Pada waktu belok kiri langsung diperbolehkan banyak tulisan belok kiri langsung di setiap simpangan menimbulkan pertanyaan apakah yang tidak ada tulisannya tidak boleh langsung ? ini jelas bertentangan dengan undang-undang, pertanyaannya berlanjut sampai sekarang pada waktu belok kiri tidak boleh langsung lagi.
Penegak hukum yang tidak konsisten makin menambah ketidakpastian ini. Pada waktu belok kiri langsung sesuai dengan undang-undang banyak penegak hukum yang menilang pengendara yang belok kiri langsung , bagaimana dengan saat ini ?
Ini hanya salah satu gambaran kepastian hukum di negaraku tercinta ini, nampaknya memang ketidakpastian ini sengaja dipelihara.