Pengadaan Infrastruktur Pemilu

Catatan ini hanya sekedar pendapat pribadi saja.
Pemilu merupakan kegiatan yang sangat penting dalam sistem ketatanegaraan NKRI sehingga sudah selayaknya diselenggarakan dengan cara yang sebagus mungkin.
Dua pemilu terakhir yang diselenggarakan oleh lembaga yang independen di luar pemerintah terkesan selalu saja ada masalah yang nampaknya tidak berubah.
Dari apa yang saya baca/dengar/lihat dari mass media kelihatannya KPU lembaga pelaksana pemilu mempunyai tugas yang luar biasa banyaknya sementara lembaga tersebut baru terbentuk beberapa bulan saja sebelum pemilu harus dilaksanakan.
KPU disamping harus melaksanakan proses pemilihannya sendiri juga harus melakukan persiapan-persiapan seperti melakukan proses pengadaan barang-barang pendukung pemilu.
Kalau hemat saya sih semestinya penyiapan infrastruktur tersebut yang sangat menyita waktu tidak selayaknya dilakukan oleh KPU. Karena disamping menyita waktu pengadaan yang tergesa-gesa karena memang desakan waktu yang sangat terbatas cenderung kurang analisa dan kecenderungan mengambil langkah cepat (shortcut) menjadi dominan.
Seandainya saja negara ini sudah mempunyai sistem infrastruktur pemilu untuk katakan lima kali pemilu mungkin KPU bisa lebih konsentrasi ke pelaksanaan pemilu itu sendiri bukan terjebak pada kegiatan penyiapan infrastrukturnya dan harapan seluruh rakyat bangsa ini akan pemilu yang berkualitas bukan lagi mimpi.