Tabung Gas

Akhir-akhir ini sering terdengar kabar tentang "Tabung Gas Meledak". Sesuaikah judul tersebut dengan apa yang sebenarnya terjadi ? Yang terjadi adalah sistem kompor gas ada yang bocor (bisa darimana saja) kemudian gas terkumpul dalam ruangan kemudian terpercik api sehingga meledaklah gas yang berada dalam ruangan tersebut. Tabung gas-nya sendiri tidak pernah meledak.
Kesalahan pemberitaan seperti itu membuat arah yang salah pada penanganannya. Saat ini penanganan dititik beratkan pada kualitas tabung gas yang harus bagus karena memang tidak dapat dipungkiri banyak tabung gas yang bodong. Tetapi sebenarnya masalah yang lebih penting adalah tingkat kepedulian masyarakat pada lingkungan sekitar yang sangat rendah.
Pada saat terjadi kebocoran semestinya bau gas sudah tercium sehingga sebenarnya terjadinya ledakan dapat dicegah dengan melakukan tindakan pencegahan sebelum menyalakan api. Misalnya membuat bukaan selebar-lebarnya supaya gas dalam ruangan keluar kemudian cek dari mana terjadinya kebocoran. Hal-hal seperti ini sepertinya yang luput dari perhatian pemerintah saat mencanangkan program konversi minyak tanah ke gas. Padahal hal ini sangat penting mengingat daerah sasaran konversi adalah daerah padat dimana sering dapur hanya menempati petak yang sangat kecil dan tidak punya ventilasi udara yang cukup.