Water Trap

Salah satu penyebab banjir pada waktu hujan adalah karena debit aliran air di sungai yang sangat tinggi sehingga tidak tertampung oleh sungai akibatnya meluap ke jalan. Kenapa akhir-akhir ini debit air di sungai kalau hujan menjadi sangat tinggi ? Mungkin karena daerah atas yang tadinya berupa tanah/kebun yang tadinya meresapkan sebagian besar air hujan yang jatuh diatasnya sekarang sudah menjadi rumah. Air hujan yang jatuh di atap-atap rumah tersebut bukannya diresapkan ke tanah tapi langsung dibuang ke saluran air yang bermuara ke sungai sehingga nampak sekali pada waktu hujan air yang masuk ke sungai menjadi besar sekali.
Adakah mitigasinya untuk kasus seperti ini ? Cara yang biasa dilakukan adalah dengan memperlancar aliran dengan memperbesar besar saluran/sungai tapi mau seberapa besar ? Cara ini juga membebani dataran rendah disisi hilir yang sudah biasa banjir menjadi makin parah banjirnya.

Bagaimana kalau dibuat jebakan air disepanjang sungai ? mungkin ini bisa menjadi salah satu solusi. di sepanjang aliran sungai bisa dibuat jebakan-jebakan air. Dimana apabila debit air sudah mencapai besar tertentu dengan melihat tinggi muka air maka air sebagian akan dialirkan ke suatu penampungan yang juga berfungsi meresapkan air ke tanah. Tentu ukuran penampungan air ini juga akan menentukan seberapa besar air yang dapat terjebak, tapi mungkin lumayan untuk mengurangi jumlah air yang turun kebawah. Penampungan juga meresapkan air ke tanah walaupun tidak secepat datangnya air, sehingga akan menambahkan cadangan air tanah untuk musim kemarau.

Sebaiknya juga ada regulasi yang mengatur peresapan air yang jatuh di atap ke tanah pada proses perijinan perumahan misalnya , atau pada pengurusan IMB sehingga beberapa masalah karena air hujan ini bisa tersolusikan secara komprehensif.